BANMUS TANBU LAKSANAKAN KUNKER KE DPRD KAB.KAPUAS

Humas Setwan – Dalam rangka Meningkatkan Kinerja Anggota Dewan terkait fungsi-fungsi Dewan maupun Fasilitas pendukung lain pada Alat-alat Kelengkapan Dewan, Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kabupaten Tanah Bumbu laksanakan kunjungan kerja ke DPRD Kabupaten Kuala Kapuas Kalimantan Tengah pada Jumat (06/07) belum lama tadi.

Kunjungan kerja di pimpin langsung Syamsisar,S.PdI,MM sebagai Ketua Banmus berserta Anggota Banmus DPRD Kab.Tanbu lainnya, diterima oleh Sekwan DPRD Kab. Kapuas Drs. Salman didampingi beberapa dari Staf Sekwan dikarenakan anggota Banmus DPRD Kab. Kuala Kapuas juga sedang melaksanakan perjalanan dinas.

Syamsisar selaku pimpinan rombongan mengatakan, “bahwa kedatangan Banmus DPRD Tanbu ke DPRD Kapuas ingin mengetahui sejauh mana mekanisme Penjadwalan Pembahasan Raperda Inisiatif DPRD yang pernah dilaksanakan guna merencanakan dan meningkatkan kinerja dewan ke depan,” kata Ketua Banmus ini.

Sementara itu, Drs. Salman Sekwan DPRD Kab.Kapuas mewakili unsur pimpinannya menyampaikan, Banmus memiliki peran penting dalam menyiapkan serta menyusun agenda-agenda pada masa persidangan. Di mana agenda krusial pada pokok pembahasan maupun penyusunan kegiatan lain harus terselesaikan dengan baik oleh Banmus, dengan menetapkan jadwal kegiatan dewan secara terperinci dengan waktu kegiatan sesuai kesepakatan dengan acuan tata tertib,” jelasnya.

Menurut Salman, Terkait dengan Pengusulan Raperda Inisiatif ini harus dari Anggota DPRD, Komisi dan Bappemperda sendiri terlibat, Raperda disampaikan secara tertulis kepada unsur Pimpinan DPRD di sertai Penjelasan, Keterangan dan Naskah Akademik, “ungkapnya.

Lanjut Sekwan, Pimpinan DPRD setelah menerima usulan tadi langsung menyampaikan kepada Bappemperda untuk di kaji, dan Hasil kajian Bappemperda disampaikan kembali kepada unsur Pimpinan dalam bentuk Rapat Paripurna, “ujarnya.

Tambahnya, Raperda yang telah dikaji disampaikan oleh Pimpinan DPRD kepada Anggota DPRD selambat – lambatnya 7 hari sebelum Rapat Paripurna DPRD dilaksanakan untuk mendapatkan persetujuan dengan diterima atau di tolak usulan tersebut. “Raperda Inisiatif akan disampaikan Pimpinan DPRD kepada Kepala Daerah dalam Acara Rapat Paripurna, ” tutur Sekwan.

Diakhir pertemuan ini Ketua Banmus DPRD Kab.Tanah Bumbu Syamsisar,S.PdI ,MM menyerahkan plakat DPRD kepada Drs. Salman selaku yang mewakili DPRD Kab.Kuala Kapuas disaksikan anggota Dewan Tanbu dan yang berhadir sebagai tanda cindramata dan silaturrahmi sama-sama anggota dewan Kalimantan.

Relddn/hms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *