SEMUA FRAKSI MENERIMA PERGANTIAN NAMA DESA PULAU BURUNG

Humas Setwan – DPRD Kabupaten Tanah Bumbu kembali mengelar Rapat Paripurna dalam rangka Pendapat Akhir Fraksi tentang Perubahan nama desa pulau panjang menjadi desa pulau burung di kecamatan simpang empat pada Selasa (24/07) baru tadi digedung utama DPRD Sepunggur.

Rapat ini di pimpin oleh H.Supiansyah,ZA,SE,MH selaku Ketua DPRD Kab.Tanbu sedangkan dari pihak eksekutif diwakili oleh Drs. Mustaing selaku Asisten III Pemkab.Tanbu. Selain dihadiri oleh Anggota Dewan dan kepala SKPD, staf ahli, tampak hadir pula dari Kementerian Agama, KPU, Bank serta unsur Forkopimda Tanbu.

Semua fraksi DPRD Tanbu dapat menerima Perubahan nama desa Pulau panjang menjadi desa Pulau Burung dalam pendapat akhir fraksi masing-masing. Raperda ini merupakan keinginan dari masyarakat dan tokoh-tokoh adat dari desa tersebut.

Namun dari delapan fraksinya tersebut masih ada yang memberikan catatan bagi Pemerintah Daerah (pemda), seperti fraksi Hanura melalui juru bicaranya Abdul Rahim mengatakan, ” walaupun merupakan aspirasi masyarakat tetapi yang perlu diperhatikan dari segi administrasinya dan harus baik dan cepat pengelolaannya, mengingat proses pelaporannya ke provinsi dan kemendagri hanya memiliki tengang waktu dua tahun saja, terutama perubahan alamat pada KTP dan BPJS, “kata Abdul Rahim.

Seirama dengan rekannya, fraksi PKB melalui juru bicaranya Hj. Darwati mengharapkan kepada Pemda mensosialisasikan kepada masyarakat umum dengan adanya perubahaan nama desa tersebut, “ungkap Hj Darwati.

Salanjutnya fraksi Gerindra melalui jubirnya Sayono,SE menyampaikan, yang perlu diperhatikan Pemda adalah kesesuaian dokumen pertanahan yang dimiliki oleh masyarakat, dikarenakan masalah pertanahan seringkali menimbulkan konflik dimasyarakat akibat ketidaksesuaian dengan dokumen yang dimiliki, “tuturnya.

Fraksi Amanat Demokrat juga mengingatkan hal lain yang perlu dipersiapkan adalah segi anggaran, perubahan ini membutuhkan anggaran yang lumayan besar, pemda harus dapat mengalokasikan perubahan tersebut agar dapat terlaksana dengan baik, “beber Hartono selaku jubir fraksinya.

Sementara itu, Plt Bupati Tanah Bumbu dalam pidatonya dibacakan oleh Drs. Mustaing selaku asiten 3 Pemkab.Tanbu yang mewakili mengatakan, “sementara terhadap saran, masukan dan koreksi terkait raperda di maksud pada prinsipnya pemda dapat menerima dan sangat mengapresiasi”.

Karena hal itu menjadi penyempurna raperda ini, baik secara normatif maupun subtansi dan semoga dapat memenuhi standar Undang-undang No.12 tahun 2011 tentang penyusunan peraturan perudang –udangan, “ucapnya.

Lanjutnya lagi, Sekali lagi kami atas nama pemda mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya dalam upaya menyelesaikan raperda ini. Semoga dengan semangat sinergisitas dan kebersamaan senantiasa terbangun harmonis menjadi kekuatan sempurna bagi kita dalam rangka memberikan pelayanan optimal guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat di bumi bersujud, “ujar Asisten III ini.

Relddn/hms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *