BAPPEMPERDA TANBU INGIN TUNTASKAN PEMBAHASAN RAPERDA TIBUM

Humas Setwan – Bappemperda DPRD Kabupaten Tanah Bumbu ingin rampungkan raperda tentang Ketertiban Umum (tibum) dan Ketentraman Masyarakat segera terwujud. Hal ini disampaikan oleh Andi Erwin Prasetya selaku ketua Bappemperda saat memimpin rapat kerja bersama dinas terkait pada kamis (02/08) baru-baru tadi.

Hadir dalam raker ini selain anggota DPRD dari AKD Bappemperda, SKPD Satpol PP dan Damkar, Perkimtan, Dinas lingkungan Hidup, PU dan Penataaan Ruang, Dinas Perdagangan dan Perindustrian dan Bagian Hukum Setda Kabupaten Tanah Bumbu.

Menurut Andi Erwin Prasetya, raperda ini sudah banyak memakan waktu terkait dengan penjelasan, pembahasan pasal demi pasal dan sudah mengalami banyak perubahan, dari itu ia berharap hari ini bisa menuntaskan dan menyelesaikan secepatnya agar dapat dipergunakan dalam penegakkannya dan semoga bermanfaat bagi masyarakat, “ujarnya.

Lanjutny lagi, dengan keberadaan perda tentang Ketertiban Umum dan Ketenteraman nantinya daerah Tanbu ke depan harapannya juga bisa lebih aman, tenteram dan tertib secara umum. “Lebih dari itu, dengan situasi dan kondisi yang aman, tenteram dan tertib akan membuat orang-orang nyaman berusaha atau berinvestasi, ” tambahnya.

Ia menuturkan, Raperda ketertiban umum dan ketenteraman mencakup persoalan tempat umum, tempat usaha, jalur hijau, taman, fasilitas umum, lingkungan, sosial, kesehatan, hiburan dan persoalan lainnya. Meski pembahasan raperda ini kelihatannya mudah, Andi Erwin mengakui terdapat beberapa kendala yang masih dalam pembahasan sampai saat ini, salah satunya adalah persoalan kewenangan, “imbuhnya.

Untuk itu diperlukan kehati-hatian dan konfirmasi pada SKPD terkait supaya tidak terjadi tumpang tindih kewenangan. Selain mengatur tentang tibum di dalam raperda ini juga mengatur tentang sanksi bagi pelanggar Perda baik secara administratif maupun pidana. Sedangkan leading sektor yang bertanggungjawab dalam menjalankan perda dipastikan akan menjadi tugas dari aparat Satpol PP Kab.Tanbu yang merupakan penegak Peraturan Daerah, “Jelas Ketua Bappemperda ini.

Relddn/hms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *