BUPATI TANBU SAMPAIKAN 3 BUAH RAPERDA KE DPRD

Humas Setwan – DPRD Kabupaten Tanah Bumbu kembali menerima 3 Buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) dari pihak eksekutif saat Rapat Paripurna DPRD pada rabu (12/09) baru tadi di gedung sidang utama DPRD Tanbu Sepunggur.

Rapat ini dipimpin oleh H.Hasanuddin,S.Ag waket DPRD Tanbu dan didampingi oleh H.Supiansyah,ZA,SE,MH Ketua DPRD Tanbu, sedangkan dari pihak eksekutif di wakili oleh Asisten I Pemkab.Tanbu DR.H.Ambo Sakka. Selain Anggota DPRD, Asisten, Staf Ahli, Kepala SKPD tampak hadir juga dari Forkopimda Tanbu.

DR. Ambo Sakka selaku perwakilan pihak eksekutif menyampaikan pidato Bupati secara tertulis mengatakan, “Dimana dengan telah selesai dilakukannya pembahasan pada tingkat eksekutif, kembali akan menyampaikan 3 buah raperda untuk dilakukan pembahasan bersama di tingkat legislatif, “ujarnya.

Adapun 3 buah raperda tersebut yaitu, pertama Raperda tentang Retribusi sedot tinja, dengan adanya Instalasi Pengelolaan Lumpur Tinja (IPLT) diharapkan mampu meminalisir tingkat pencemaran yang disebabkan oleh limbah tinja, mengingat limbah ini sangat berpotensi mencemari lingkungan khususnya kualitas air.

untuk itu lanjutnya, IPLT juga menyediakan pelayanan penyedotan tinja bagi masyarakat yang tarifnya ditetapkan berdasarkan perda, selain itu kegiatan ini mampu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), “ungkap H.Ambo Sakka

Kedua Raperda tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD), ini diajukan dalam rangka memenuhi amanat pasal 65 ayat (2) Undang-undang No.6 tahun 2014, tentang desa yang menyatakan bahwa ketentuan lebih lanjut mengenai BPD di atur dalam Perda.

Mengingat pentingnya lembaga ini, sebagai perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa dimana salah satu perannya adalah dalam pembentukan peraturan desa, dipandang perlu mengatur lebih lanjut mengenai keanggotaan, kelembagaan, tugas dan fungsi BPD dalam suatu Perda, “jelasnya.

Terakhir raperda tentang Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (RPPLH), adapun secara keseluruhan tujuan diajukannya raperda RPPLH ini adalah untuk mewujudkan kualitas lingkungan hidup di Kabupaten Tanah Bumbu yang baik, sehat, tersedianya sumber daya alam untuk kesejahteraan rakyat menuju pembangunan yang berkelanjutan, “harap Asisten I bidang pemerintahan ini.

3 buah raperda ini diserahkan secara simbolis oleh DR Ambo Sakka kepada Ketua DPRD Tanbu H.Supiansyah,ZA,SE,MH disaksikan seluruh yang hadir kemudian diserahkan kembali kepada perwakilan Bapemperda DPRD Tanbu yang diwakili oleh H. Abdul Kadir dari Fraksi PDIP untuk selanjutnya diminta pembahasan bersama dan pemandangan umum fraksi-fraksi.

Relddn/hms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *