KOMISI I TANYAKAN JATAH FORMASI CPNS TANBU KE BKD PROVINSI

Humas Setwan – Komisi I DPRD Kabupaten Tanah Bumbu sambangi Kantor Badan Kepagawaian Dearah (BKD) Provinsi Kalimantan Selatan berkaitan dengan konsultasi Penerimaan CPNS 2018 untuk Formasi dan Kuota di Kab.Tanbu pada Jumat (14/09) baru baru tadi dengan alamat Jl. Pangeran Antasari No. 5 Kota Banjarbaru.

Rombongan Komisi I DPRD Tanbu diterima oleh H. Ahmad Rizali Fahry,SH,MH sebagai Sekretaris BKD Prov. Kalsel beserta jajarannya.

H.Ahmad Rizali Fahry menjelaskan, “Dasar Hukum Pengadaan CPNS 2018, adalah Permempanrb No. 36 Tahun 2018 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS Tahun 2018 dan Permempanrb No. 37 Tahun 2018 tentang Nilai Ambangn Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan CPNS Tahun 2018 serta Kepmempanrb No. 28 TAHUN 2018 tentang Kebutuhan PNS secara Nasional Tahun Anggaran 2018, ” Ujarnya.

Hasil dari Rapat Koordinasi di Pusat, Penerimaan CPNS 2018 dibagi menjadi 2 Katagori, yaitu Katagori Umum dan Katagori Khusùs. Katagori Khusus meliputi, Kelulusan yang Comlaude yaitu Lulus yang berprestasi dan luar biasa,masing-masing Formasi harus di buat max 5 % dari total formasi dan sudah terakomodir dari Menpan. Kemudian Disabitas (cacad) diberikan kesempatan yang sama tapi minimal 1 % dari total Formasi yang disiapkan. Tenaga Pendidik (Khusus Guru), Tenaga Kesehatan ( Dokter, Perwat dan Tenaga Kesehatan yang lain).

Sementara, Eks Tenaga Honorer K.2 yang tidak lulus tahun 2013 dan memenuhi persyaratan untuk mengikuti Seleksi Tes CPNS serta batas Usia 35 tahun terhitung 1 Agustus 2018. Karena Formasi tersebut tidak semua Daerah mendapatkanya, termasuk untuk Prov Kal-Sel dari Menpan adalah kosong padahal kita memiliki 141 orang K.2 tapi tidak terakomodir, “tutur Sekretaris BKD ini.

Sedangkan Untuk Katagori Comlaude daerah tidak begitu prioritas tapi hanya di prioritaskan di Instansi Pusat tapi paling tidak ada 1% untuk Kab / Kota. Alokasi Formasi Tahun 2018 untuk Wilayah Kal-Sel khususnya Prov. sebanyak 328. Untuk Kab. Tanbu mendapat Formasi 201 formasi. Tenaga Teknis tidak ada hanya Tenaga Guru sebanyak 99 formasi, Tenaga Kesehatan 100 formasi dan eks K.2 dapat 2 formasi , “paparnya.

Untuk se Kal-Sel 2.731 formasi yang akan diterima dan yang paling banyak diterima dari tenaga Guru sebanyak 328 dan 212 Tenaga Pendidik di provinsi. Pengumuman akan dibuka pada tanggal 19 September 2018 dan Pendaftaran tanggal 21 September 2018 nanti. Pada prinsifnya Kita masih kekurangan Pegawai makanya ada tenaga tenaga honor non PNS yang dari data dari Kab/Kota akan di bawa ke Menpan untuk diperjuangkan. PTT untuk Managemen P3K ( Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) segera diterbitkan karena aturan UU No 05 tahun 2014 ASN ada 2 yaitu, PNS dan P3K, “bebernya.

Menurutnya, P3K berasal dari Tenaga Honorer yang tidak jelas status dan aturan mainnya dan kalau sudah diangkat mempunyai status yang jelas dan dapat jabatan Fungsional tertentu. dan Daerah hampir semua menunggu. Formasi yang diusulkan untuk Tanah Bumbu sebanyak 2.430 dan di setujui cuma 201 formasi. Formasi yang diusulkan tidak boleh lebih dari jumlah Pegawai yang Pensiun ditahun 2018 dan di Tanah Bumbu Pegawai yang Pensiun ada 53 orang yang diusulkan tapi dapat pagu dari Menpan sebanyak 102 melebihi dari pagu yang ada, “kata H. Ahmad Rizali Fahry kepada anggota komisi I DPRD Tanbu.

Relddn/hms/pend1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *