DPRD TANBU UNDANG PT.PELINDO DAN KSOP KOTABARU-BATULICIN

Humas Setwan –Menindaklanjuti dari hasil kunjungan kerjanya DPRD Kabupaten Tanah Bumbu melalui Komisi 1 dan 2 mengundang PT. Pelindo III (Pelabuhan Indonesia) dan KSOP (Kantor Sahbandar Otoritas Pelabuhan) Kotabaru-batulicin guna membahas Rencana Pembangunan Jangka Pendek, Menengah dan Panjang dan Pembangunan Kantor KSOP pada Rabu (07/11) baru tadi.

Namun sangat disayangkan PT. Pelindo III tidak bisa menghadirkan pimpinannya, salain itu hadir dalam pertemuan ini Dinas Perhubungan, Bappeda, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan BPPRD Kabupaten Tanah Bumbu.

HM. Alpiya Rakhman,SE,MM wakil ketua DPRD selaku pimpinan rapat dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa tujuannya mengundang 2 instansi BUMN ini ingin mengetahui sejauhmana kontribusinya terhadap Pemerintah Daerah Tanbu. Ia memaparkan bahwa DPRD dan Dinas terkait sudah berkoordinasi dengan Ditjen Perhubungan RI Jakarta dan PT. Pelindo III Surabaya terkait peluang kerjasama yang bisa memberikan pendapatan daerah bagi Tanah Bumbu.

Selain itu, HM Alpiya mengungkapkan jika dirinya sangat berharap adanya MoU yang dilakukan antara Pemda dengan 2 anak BUMN ini, baik itu berupa CSR ataupun peluang-peluang yang bisa didapat untuk menambah PAD daerah, “sebutnya.

Sedangkan untuk Pembanguan KSOP, Waket DPRD ini menyampaikan keinginan pihaknya untuk segera mengadakan kantor KSOP berada di Tanbu. Ia ingin keberadaan kantor tersebut berdiri sendiri tanpa bergabung lagi dengan Kab.Kotabaru. bahkan ia menuturkan wilayah kerja KSOP banyak beroperasi di Tanbu, “jelasnya.

Sementara itu Pihak PT. Pelindo III melalui perwakilannya Sumarjono memberikan informasi bahwa ada peluang yang bisa dikerjasamakan dengan Pemda, yaitu pengelolaan Pas Masuk (jembatan Timbang) dan lahan parkir yang selama ini dikuasai oleh masyarakat setempat , “tuturnya.

Terkait kontribusinya kepada Pemda, ia mengakui belum ada yang bisa diberikan walaupun semenjak juli 2018 lalu PT.Pelindo resmi masuk wilayah kerjanya Tanah Bumbu. Pihaknya akan menyampaikan ke level pimpinannya dan berjanji pada 2019 nanti akan memberikan kontribusinya kepada Pemda Tanbu, Ujarnya.

Selanjutnya Kepala KSOP Kotabaru-Batulicin Capt. Y.K Tedang menyambut baik dan apresiasi terhadap langkah Pemda Tanbu yang ingin pihaknya beralih ke Tanbu, Namun ia menjabarkan peraturan yang tidak membolehkan. Sesuai Peraturan Menteri Perhubungan RI. No. 76 Tahun 2018 Tentang Perubahan Organisasi dan Tata Kerja Kantor KSOP.  Sementara yang ada masih bergabung wilayah kerjanya yaitu KSOP Kotabaru/batulicin, “paparnya.

Relddn/hms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *