DPRD TANBU TERIMA RAPBD TAHUN 2019 DARI PIHAK EKSEKUTIF

Humas Setwan – Bupati Tanah Bumbu serahkan dokumen RAPBD (Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah ) Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Tahun Anggaran 2019 ke DPRD Kabupaten Tanah Bumbu pada Senin (12/11) baru tadi.

Dokumen RAPBD ini serahkan oleh Rooswandi Salem,M.Sos,MM Sekdakab.Tanbu selaku mewakili Bupati H.Sudian Noor yang tidak bisa berhadir kepada H.Supiansyah.ZA,SE,MH Ketua DPRD Tanbu dan didampingi oleh Waket DPRD H.Hasanuddin,S.Ag dan HM.Alpiya Rakhman,SE,MM disaksikan oleh seluruh yang hadir.

Tampak hadir dan menyaksikan selain, Anggota DPRD, Asisten, Staf ahli Bupati, Kepala SKPD atau perwakilan, dan juga Unsur Forkompinda Tanah Bumbu, Adapun rapat dipimpin oleh wakil ketua DPRD H.Hasanuddin.S.Ag.

Rooswandi Salem,M.Sos,MM dalam membacakan sambutan Bupati secara tertulis mengatakan, ” Sebagaimana diketahui agenda rapat ini memiliki makna penting dan sangat strategis bagi kesinambungan proses pembangunan daerah, yang akan direncanakan di tahun 2019 nanti, “ujarnya.

Lanjutnya, Kita semua sangat menyadari, bahwa di dalam RAPBD TA 2019 hingga saat ini kita dihadapkan pada tantangan krisis perekonomian secara nasional yang berdampak pada perekonomian di daerah, namun demikian hal tersebut bukan membuat kita lemah, akan tetapi justru kiat harus semakin kuat dan waspada aga langkah langkah strategi kebijakan daerah dapat diantisipasi secara cepat, tepat dan terukur.

Ia tindak ingin komitmen yang sudah terjalin dalam rangka memberikan kesejahteraan, kemakmuran dan keadilan yang sebesar-besarnya bagi rakyat semua terpengaruh. Untuk itu Rooswandi mengajak semua tetap terpacu dan termotivasi, memanfaatkan sumber daya yang masih dimiliki untuk dikelola dengan sebaik-baiknya.

Sambungnya, Perlu kami sampaikan bahwa penyusunan pengelolaan keuangan daerah saat ini tetap berorientasi pada basis kinerja dengan pendekatan penganggaran yang mengutamakan hasil kinerja, serta dapat diukur capaian targetnya dengan tetap mengedepankan transparansi dan akuntabilitas yang berprinsip pada efesiensi dan efektivitas.

Menurutnya, Sebagaimana peran Pemda bersifat fasilisator dan sebagai motivator untuk menggerakkan pembangunan daerah yang lebih produktif. Selanjutnya perlu pula kami sampaikan bahwa penyusunan Nota Keuangan RAPBD 2019 ini dilakukan dengan metode pendekatan yang memperhatikan visi, misi tujuan dan sasaran yang dimuat dalam renstra Kabupaten Tanah Bumbu.

Terahkir ia menyampaikan, Dengan melihat perkembangan aspirasi masyarakat dan mempertimbangkan situasi kondisi serta kemampuan daerah. Sebagaimana arah yang diinginkan dan kebijakan umum yang disepakati, berpedoman penyusunan strategi dan prioritas RAPBD 2019 serta pola penyusunan yang disepakati bersama antara DPRD dengan Pemerintah Daerah. Untuk itu semua ia menginginkan selanjutnya dapat dibahas secara bersama-sama dan ditetapkan menjadi peraturan daerah, ” tutur Sekdakab ini.

Setelah rapat usai secara umum Rooswandi Salem sebagai Sekdakab.Tanbu menyampaikan informasi tanbahan bahwa Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu telah mendapat transperan dana kurang salur dari pemerintah pusat sebesar Rp. 27 milyar.

Relddn/hms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *