KONSULTASI DPRD TANBU KE JAKARTA GALI INFORMASI BANTUAN PUSAT

Humas Setwan – DPRD Kabupaten Tanah Bumbu belum lama tadi pada Rabu (21 sd 24 Nop) laksanakan Konsultasi / Koordinasi ke luar daerah keluar provinsi dalam rangka jemput bola menggali informasi terkait Alokasi bantuan-bantuan, hibah ataupun dana bagi hasil yang menjadi jatah Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

Seperti yang dilakukan Komisi II DPRD Tanbu yang berkonsultasi ke Kementerian Perindustrian dan Perdagangan RI Dirjen PDN Jakarta terkait usulan proposal pembangunan pasar desa di Tanbu. Dalam kesempatan ini rombongan dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD H.Muh.Alpiya Rakhman, SE, MM dan diterima oleh Kabid Pengembangan Pasar Rakyat Husodo K.Y dari ditjen PDN.

Dari pertemuan ini HM.Alpiya Rakhman menyampaikan , bahwa semenjak 2015 s.d 2019 Kemendag telah memprogramkan kegiatan pembangunan pasar rakyat ber type C selaras dengan Program Nawa Cita Presiden RI yaitu Pembangunan 2.000 buah Pasar / tahunnya. Untuk 2019 nanti merupakan Tahun Terakhir program Pembangunan Pasar Rakyat, program tersebut berlanjut atau diganti program yang baru masih menunggu keputusan dari pimpinan Kemendag PDN RI,”jelasnya HM. Alpiya.

lanjutnya, Adapun sumber pendanaan Pasar bersumber dari Dana Alokasi Khusus dan Tugas Pembantuan, sedangkan di tahun 2018 Tanah Bumbu tidak Mendapat jatah Pembangunan Pasar. Dari Provinsi Kal-Sel yang sudah mendapat batuan hanya Kab.Hulu Sungai Tengah,.Kotabaru dan Barito kuala. DPRD minta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab.Tanbu untuk berkoordonasi dengan ketiga Kabupaten tersebut dan segera menindaklanjuti dan mengupayakannya bisa seperti mereka, “ujarnya.

Selanjutnya Komisi III DPRD Kab.Tanah Bumbu bertandang ke DPR RI Komisi V tentang tindak lanjut bedah rumah 1.000 unit di Tanah Bumbu, rombongan ini dikomandoi oleh Wakil Ketua DPRD Kab.Tanah Bumbu H. Hasanuddin, S. Ag dan diterima langsung oleh H. Abdul Latief Hanafiah, M. Sc Anggota DPR RI Komisi V Jakarta.

Dari hasil yang dibicarakan, Tanah Bumbu diprioritaskan untuk mendapatkan bantuan rumah khusus nelayan di desa sungai dua laut Kec. Sungai Loban sebanyak 50 unit. Sebagai informasi program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya Peningkatan Kwalitas (BSPSPK) untuk tahun anggaran 2019 Tanbu akan mendapatkan kuota sebanyak 1.000 unit dengan rincian tahap 1 sebanyak 302 unit dan tahap 2 sebanayak 698 unit. Dari hal tersebut H. Hasanuddin meminta kepada Dinas PERKIMTAN Kab.Tanah Bumbu segera menyerahkan proposalnya kekementerian terkait, “tegasnya.

Begitu juga Komisi I DPRD Kab.Tanah Bumbu ke Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI dirjen Pembangunan Desa dan Kawasan Pedesaan tentang Pembentukan Peraturan Daerah terkait Pembangunan Kawasan Pedesaan.

Konsultasi ini pimpin oleh Wakil ketua komisi I Tri Joko Iswanto dan diterima langsung oleh Stevanus Reno kasubid Perencanaan Wil III beserta jajarannya. Stevanus menjelaskan bahwa Pembangunan Kawasan pedesaan tertuang dalam Amanat Undang – Undang (UU) No.6 tahun 2014 tentang desa, yaitu Rancangan pembangunan kawasan pedesaan (RKPP) ditetapkan oleb Bupati /Walikota sesuai dengan RPJMD dan Pengusulan Kawasan meliputi data inventarisasi dan identifikasi (wilayah,potensi ekonomi,mobilitas penduduk,sarana dan prasarana desa), RPJMD,RTRW,RENSTRA,RPJMDES.

Pembangunan kawasan pedesaan harus, wajib mendayagunakan potensi SDA dan SDM serta mengikutsertakan pemerintah desa dan masyarakat. Pembangunan kawasan pedesaan yang berskala lokal desa wajib diserahkan pelaksanaannya kepada desa dan atau sama antar desa

ruang lingkup pembangunan kawasan pedesaan, meliputi penggunaan dan pemanfaatan wilayah desa dalam rangka penetapan kawasan pembangunan sesuai dengan tata ruang kabupaten /kota. Tujuan dari pembangunan kawasan pedesaan mempercepat peningkatan kualitas pelayanan,pembangunan,dan pemberdyaan masyarakat desa di kawasan pedesaan melalui pendekatan pembangunan partisipatif dan kawasan pedesaan tidak akan berkembang kalau tidak sesuai dengan RTRW, “papar kasubid Perencanaan Wil III ini.

Relddn/hms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *