4 BUAH RAPERDA INISIATIF DEWAN DISAHKAN DIAKHIR TAHUN

Humas Setwan – Diakhir masa sidang tahun 2018, DPRD Kabupaten Tanah Bumbu menggelar rapat paripurna dalam rangka pendapat akhir eksekutif berupa pengambilan 4 buah keputusan rancangan peraturan daerah (raperda) inisiatif Dewan yang disampaikan pada Jumat (28/12) baru tadi.

Adapun 4 raperda inisiatif dewan yang disetujui menjadi Peraturan Daerah (perda), yakni raperda tentang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran, Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana Daerah, Perlindungan Perkebunan Rakyat dan Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan.

Rapat Paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD Tanbu H. Supianyah,ZA,SE,MH dan didampingi oleh wakil ketua H.Hasanuddin,S.Ag dan HM.Alpiya Rakhman,SE,MM sedangkan dari pihak eksekutif dihadiri langsung oleh Bupati Tanbu H.Sudian Noor.

Tampak hadir dalam pelaksanaan tersebut Selain Anggota DPRD dan Sekdakab.Tanbu, hadir juga Asisten, Staf ahli Bupati, Kepala SKPD ataupun perwakilan, Kementerian Agama, Perusda dan Unsur Forkompinda Tanbu.

H. Sudian Noor Bupati Tanbu selaku pihak eksekutif dalam pendapat akhirnya mengatakan, pihaknya dapat menerima raperda inisiatif DPRD ini, yang tentu selanjutnya akan di proses menjadi Peraturan Daerah. Ia berharap 4 buah raperda tersebut mampu memberikan dampak positif dan tersosialisasikan kepada masyarakat secara cepat guna mewujudkan pelayanan yang optimal ke masyarakat demi keberhasilan pembangunan daerah, “kata Bupati Tanbu ini.

Selain itu, H. Sudian Noor juga sedikit menyingung perda yang pernah di buat di tahun 2013 tentang Pembangunan rumah panggung dan merupakan perda inisiatif dari DPRD, hal ini katanya jauh-jauh hari dibuat agar masyarakat tidak membangun semau-maunya di daerah yang terlarang terutama daerah yang merupakan resapan air, tidak boleh diuruk maka ada perda rumah panggung.

Tetapi sampai saat ini tidak melihat perbup yang mengatur tata cara mengolah rumah panggung yang seharus tidak boleh diuruk, tetapi boleh di bangun hanya rumah panggung apabila di uruk maka melanggar perda yang dibuat bersama , dari itu Dinas terkait agar ditindak lanjuti, jangan sampai kita meninggalkan masalah dikemudian hari, “tegas Bupati.

Sebelum penandatanganan persetujuan oleh Kedua belah pihak antara Eksekutif dan Legislatif, H. Mukhlis,SH,MM,M.Hum selaku Sekretaris DPRD Kabupaten Tanah Bumbu membacakan Surat Keputusan DPRD Kab.Tanbu dengan Nomor : 170.11/15/DPRD-TB/2018 tentang Persetujuan Penetapan 4 buah Rancangan Peraturan Daerah menjadi Peraturan Daerah.

Kemudian ditemui secara terpisah H. Mukhlis,SH,MM,M.Hum juga memberikan penjelasan terkait pelaksanaan paripurna di akhir tahun mengatakan, dikarenakan ada tahapan-tahapan yang yang banyak seperti naskah akademik, uji publik dan sebagainya juga ada kesibukan daripada DPRD khususnya bagian Bapemperda, “Alhamdulilah diakhir tahun ini sudah selesai dengan baik, “kata Sekwan ini.

Disinggung tentang mekanisme pelaksanaan pemilihan wakil bupati, H.Mukhlis juga memberikan pernyataan bahwa pihaknya sudah membentuk kepanitiaan sesuai peraturan perundang-udangan, diketuai oleh unsur pimpinan DPRD, anggota dari fraksi dan komisi dan Ia juga mengaku terlibat otomatis sebagai sekretarisnya. Kami tinggal menunggu dari rekomendasinya dan intinya sudah siap untuk melakukan proses sesuai tahapan yang berlaku, ” jelasnya.

Relddn/hms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://www.hostinger.co.id/tutorial/pengertian-chmod-dan-chown-untuk-ganti-permission-di-linux/#gref http://gedelumbung.com/tutorial-dan-pengertian-chmod-change-mode/