PROGRAM PERDA 2019 TANBU DITETAPKAN DI DEWAN

Release Humas Setwan – Di awal tahun 2019 DPRD Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Penetapan Program Peraturan Daerah (perda) untuk tahun 2019 pada Jumat (04/01) baru-baru tadi diruang gedung sidang utama DPRD Sepunggur.

Adapun yang bertindak selaku pimpinan rapat H.Hasanuddin.S.Ag wakil ketua DPRD Tanbu sedangkan dari pihak eksekutif diwakili oleh Sekdakab.Tanbu H. Rooswandi Salem,M.Sos,MM dikarenakan Bupati H.Sudian Noor berhalangan hadir.

Tampak hadir dalam pelaksanaan tersebut, selain Anggota DPRD, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD juga dari Kementerian Agama, Perusda BJU, Bank Kalsel dan para Camat Sekabupaten Tanah Bumbu dan unsur Forkopimda Tanbu.

Sebelum penandatanganan kesepakatan antara pihak Eksekutif dan Legislatif, Sekwan Tanbu yang diwakili oleh Kabag Legislasi Halidie,S.AP,MM membacakan Surat Keputusan DPRD dengan Nomor : 170.11/I/DPRD-TB/2019 tentang Persetujuan Penetapan Program Pembentukan Peraturan Daerah Kabupaten Tanah Bumbu tentang Rancangan Peraturan Daerah Prioritas tahun 2019 kemudian dillakukan penandatanganan yang diwakili oleh H.Hasanuddin dengan H. Rooswandi Salem.

Selanjutnya Sambutan Bupati Tanbu secara tertulis dibacakan oleh Sekretaris Daerah H. Rooswandi Salem mengatakan, “bahwa penetapan program perda ini adalah merupakan program bersama antara pemerintah daerah dengan DPRD dalam hal perencanaan perda.

Adapun program yang dimaksud adalah program 1 tahun perencanaan perda, baik yang di inisiasi oleh pemerintah daerah maupun DPRD Kabupaten Tanah Bumbu, berdasarkan skala prioritas dan dilakukan setiap tahun.

Lanjut Sekda, pelaksanaan program perda dimaksud tentu sejalan dengan amanat undang-undang nomor 12 tahun 2011 tentang pembentukan perundang-undangan, dimana program perda merupakan instrumen perencanaan program pembentukan perda yang disusun secara terencana, terpadu dan sistematis.

Untuk itu, penyusunannya pun dilakukan sedemikian dengan memiliki tujuan agar terbentuk skala prioritas dan berdasarkan kebutuhan. Oleh karenanya penetapan program perda ini penting dan strategis dalam rangka mendorong proses percepatan pembangunan di kabupaten tanbu kedepan.

Terlebih dengan program perda yang telah disepakati antara eksekutif dengan legislatif untuk dapat memberikan kontribusi yang maksimal terhadap keberhasilan program-program perencanaan pembangunan daerah sesuai visi dan misi daerah. “Akhirnya kepada kita semua, mari mantapkan semangat kerja kita untuk tanah bumbu tercinta, ” kata Sekdakab.tanbu ini.

Relddn/hms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *