KOMISI 1 DPRD TANBU KONSUL KEMESKES RI JAKARTA

Humas Setwan – Komisi I DPRD Kabupaten Tanah Bumbu laksanakan Konsultasi / koordinasi ke Dirjen Pelayanan Kemeskes RI pada Senin (07/01) baru-baru tadi, adapun pertemuan dengan mengambil tempat Di Gedung. Prof. Sujudi lt.14 Jalan Hr. Rasuna Said No.Kav 4-9, RT.1/RW.2, Kuningan, East Kuningan, Setiabudi, South Jakarta City, Jakarta 12950.

H. Hasanuddin,S.Ag wakil ketua DPRD Tanbu selaku kepala rombongan komisi 1 DPRD Tanbu bersama seluruh anggota menyampaikan bahwa konsultasinya terkait Peningkatan Program Pelayanan terhadap Masyarakat dan keterkaitan dengan BPJS Kesehatan yang ada di Kabupaten Tanbu.

Rombongan diterima oleh dr.g Doni Arianto selaku Kabid. Jaminan Kesehatan ,didampingi La ode M.H.onay selaku Kasi.Pelayanan medis PKP, Wing Irawati staf subdit puskesmas dan Indra Dharmawan staf subdit praktek perorangan Kementerian kesehatan Jakarta.

dr.g Doni Arianto selaku Kabid. Jaminan Kesehatan yang menjadi juru bicaranya mengungkapkan, bahwa Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan mempunyai tugas melaksanakan penyusunan kebijakan teknis, pelaksanaan dan pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang analisis pembiayaan dan jaminan kesehatan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, “Jelasnya.

Lanjut Doni, berdasarkan Permenkes 64 Tahun 2015 pasal 877 dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 876, Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan menyelenggarakan fungsi penyusunan kebijakan teknis di bidang pembiayaan dan jaminan kesehatan serta evaluasi ekonomi pembiayaan kesehatan, fungsi pelaksanaan di bidang pembiayaan dan jaminan kesehatan, fungsi pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang pembiayaan dan jaminan kesehatan serta evaluasi ekonomi pembiayaan kesehatan dan fungsi pelaksanaan administrasi Pusat, “bebernya.

Ia menambahkan pemerintah melalui Menkes membuat suatu regulasi / UU jaminan sosial kesehatan yang sentralistik dan satu2 nya badan yang boleh membuat jaminan sosial yaitu BPJS dan semua WN dan masyarakat harus berperan aktif ikut serta dlm program nasional BPJS.

Ia juga mengakui ada beberapa permasalahan yg timbul seperti Kecenderungan meningkatnya biaya pemeliharaan kesehatan dan menyulitkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang dibutuhkannya. Keadaan dimana pembiayaannya harus ditanggung sendiri (“out of pocket”) dalam sistim pembayaran pelayanan kesehatan tunai (“fee for service”). Kenaikan biaya kesehatan terjadi akibat penerapan teknologi canggih, karakter “supply induced demand” dalam pelayanan kesehatan, pola pembayaran tunai langsung kepemberi pelayanan kesehatan.

Kemudian Kenaikan biaya pemeliharaan kesehatan itu semakin sulit diatasi oleh kemampuan penyediaan dana pemerintah maupun masyarakat dan Peningkatan biaya itu mengancam akses serta mutu pelayanan kesehatan, ungkap Doni.

Doni juga menyampaikan solusi untuk mengatasi masalah pembiayaan kesehatan tersebut dengan Pembiayaan kesehatan mengarah pada peningkatan pendanaan kesehatan untuk mendukung pembangunan kesehatan sebagai investasi sumber daya manusia, dengan pendanaan pemerintah yang terarah untuk kegiatan public health seperti pemberantasan penyakit menular, penyehatan lingkungan, promosi kesehatan serta pemberian biaya operasional pada tiap-tiap PUSKESMAS oleh Pemerintah daerah serta pemeliharaan kesehatan penduduk miskin.

Masyarakat juga harus ikut serta dalam program nasional BPJS kesehatan sebagaimana di atur Undang-Undang tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dimana Jaminan Kesehatan merupakan program prioritas yang akan dikembangkan untuk mencapai kepesertaan Semesta.

Sedangkan pokok utama dalam pembiayaan kesehatan adalah meniadakan hambatan pembiayaan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan terutama kelompok miskin dan rentan melalui pengembangan jaminan Peningkatan efisiensi dan efektifitas pembiayaan kesehatan, “tuturnya.

Relddn/hms/pend1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://www.hostinger.co.id/tutorial/pengertian-chmod-dan-chown-untuk-ganti-permission-di-linux/#gref http://gedelumbung.com/tutorial-dan-pengertian-chmod-change-mode/