KOMISI 1 DPRD TANBU KUNKER KE DPRD PANAJAM PASER UTARA

Humas Setwan –  Komisi I DPRD Kabupaten Tanah Bumbu laksanakan Kunjungan Kerja (kunker) ke DPRD Kabupaten Panajam Paser Utara (PPU) Kaltim pada selasa (05/03) baru-baru tadi.

Rombongan anggota DPRD Komisi I ini koordinatori oleh Wakil Ketua DPRD Tanbu H. Hasanuddin,.S.Ag, bersama ketua Komisinya Dra.Hj. Darwati. Adapun materi yang dibawa berkaitan sharing tentang  Mekanisme Program Pembangunan dan Pengawasan dana Desa/Kelurahan melalui Program Pemerintahan Desa (Pemdes).

Sementara itu, rombongan diterima oleh Abdurahman S.STP selaku  Kasubag Persidangan, Risalah dan Publikasi  dan Andreyani,SH,MH Kasubag  Kajian Perundangan Sekretariat DPRD Kab.Panajam Paser Utara.

Berkaitan dengan materi yang dibawa,  Abdurahman,S.STP mengungkapkan,  bahwa  program membangun desa-kelurahan masuk dalam APBD Kab.PPU tahun  2019. “Program itu sesuai janji politik Bupati dan Wakil Bupati Penajam Paser Utara  terpilih periode 2018-2023 berupa program Rp.300 miliar per tahun khusus untuk membangun desa dan kelurahan,”sebutnya.

Ia menjelaskan pula bahwa program membangun dari desa dan kelurahan sudah dituangkan dalam RPJMD Kab. PPU dan akan dimulai serta dianggarkan pada anggaran perubahan , Insya Allah dilaksanakan pada  Tahun 2019 kendati keuangan Kab.PPU mengalami penurunan akibat transfer dana pemerintah pusat berkurang , akan tetapi pihaknya tetap optimistis program Rp.300 miliar per tahun bagi 54 desa dan kelurahan itu dapat terealisasi.

Menurutnya, Bupati PPU terpilih periode 2018-2023 Abdul Gafur Mas`ud bersama Wakil Bupati Hamdan berjanji akan mewujudkan keadilan sosial dan pemerataan pembangunan di setiap desa dan kelurahan di wilayah Penajam Paser Utara.

Program Rp.300 miliar bagi  54 desa dan kelurahan yang di gagas dari bawah tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kelurahan dan harapannya bisa bersinergi dengan program pemerintah pusat. Selain itu untuk menghindari adanya tumpang tindih antara program pemerintah kabupaten dengan program desa dan kelurahan. Dana itu akan dibagikan setiap tahun dengan melihat luasan wilayah, jumlah penduduk dan tingkat kesejahteraan masyarakat masing-masing desa dan kelurahan.

Adapun Latar belakang program pembangunan dari desa dan kelurahan tersebut muncul, karena masih ada sejumlah wilayah di Penajam Paser Utara, khususnya kelurahan yang sama sekali belum tersentuh program pembangunan pemerintah, berupa pembangunan jalan maupun fasilitas umum.

Ia menambahkan penyusunan program kerja SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten PPU, telah  dikonsultasikan dengan Kepala Daerah yang baru  dan termasuk menyesuaikan dengann visi misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih, “kata Abdurahman.

Relddn/hms/pend1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://www.hostinger.co.id/tutorial/pengertian-chmod-dan-chown-untuk-ganti-permission-di-linux/#gref http://gedelumbung.com/tutorial-dan-pengertian-chmod-change-mode/