KOMISI 1 DPRD TANBU BAHAS UNBK BERSAMA DINAS TERKAIT

Humas setwan– Komisi 1 DPRD Kabupaten Tanah Bumbu gelar rapat bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdik Bud) dan Kementrian Agama (Kemenag) tentang Perencanaan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada selasa (19/03) baru-baru tadi di ruang Rapat Komisi DPRD Tanbu.

Syamsisar,S.Pdi,MM selaku pimpinan rapat  mengatakan, bahwa  ini digelar guna menindaklanjuti perecanaan persiapan UNBK yang akan dilaksanakan pada April mendatang  pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Tsanawiyah (MTS) , Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kabupaten Tanah Bumbu , “kata Anggota dari PPP ini.

Sementara itu,  Amiluddin Selaku perwakilan dari DisdikBud Tanbu terkait kesiapan dinasnya dalam menghadapi UNBK  menjelaskan,  “ Berdasarkan kebijakan nasional  untuk pelaksanaanUNBK itu semestinya dilakukan per sesion, namun karena minimnya sarana dan prasarana kita maka dibagi menjadi 3 sesion, “ujarnya.

Ia juga menyampaikan  bahwa tercatat fasilitas berupa komputer masih kurang sekitar 23 %, sehingga diambil kebijakan bagi rata untuk semua sekolah, ini dilakukan supaya semua merasa diperhatikan. Akan tetapi masih ada beberapa sekolah yang belum mampu mengadakan kekurangan 23% tersebut sehingga mereka memilih untuk bergabung ke sekolah SMA atau SMK terdekat, “sebutnya.

Lanjutnya  lagi, ada 35 sekolah tingkat SMP yang sudah mandiri, kemudian masih ada 8 sekolah yang masih bergabung pada pelaksanaan UNBK kali ini. Kebijakan dari Disdik bud Tanbu menggabung agar penggunaan peralatan komputer yang kita adakan di tahun 2019 bisa efektif dan maksimal pemanfaatanya, “harapnya.

Lain pihak, Drs. M.Ishak,MM selaku Kasi Pendidikan Kemenag Madrasah Kab.Tanbu mengatakan,  khusus nya untuk MTS dari  tahun kemarin sudah diwajibkan menggunakan sistem berbasis komputer, di Kemenag ada 3  macam ujian yang ditempuh  yaitu UANBN,UASBN dan UN.

Tahun ini  ada 24 MTS yang terdata melaksanakan kembali  UNBK, diantaranya  20 Sekolah dilaksanakan secara Mandiri dan  2 sekolah bergabung ikut sesama jenjang, serta 2 sekolah lagi ikut sekolah lain.

harapannya terkait pelaksanaan UNBK SMP dan MTS jika kedepannya  SD juga mengadakan UNBK untuk kegiatan pengadaan alat komputer agar tetap  bisa  dilanjutkan tahun depan, “tutupnya.

Relddn/aya/hms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://www.hostinger.co.id/tutorial/pengertian-chmod-dan-chown-untuk-ganti-permission-di-linux/#gref http://gedelumbung.com/tutorial-dan-pengertian-chmod-change-mode/