KOMISI 3 DPRD TANBU BERKUNJUNG KE DINAS LINGKUNGAN HIDUP BANJARBARU

Humas Setwan– Pencemaran dan kerusakan lingkungan pasca tambang maupun  pencemaran home industry dan limbah industry menjadi topik Konsultasi Komisi 3 DPRD Kabupaten Tanah Bumbu.

Kunjungan Komisi 3 tersebut dilakukan kata Fawahisa Mahabatan,SE,SH  selaku pimpinan rombongan dan juga sebagai Sekretaris Komisi 3 DPRD Tanbu adalah sebagai study pembanding untuk pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, dari itu Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Provinsi Kalimantan Selatan menjadi tujuannya, “ujarnya.

Fawahisa sendiri mengungkapkan bahwa DPRD Kabupaten Tanah Bumbu dengan Pihak eksekutif telah melakukan sebuah diskusi untuk pembuatan Perda terkait dengan zonasi menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Sementara itu, Rombongan diterima oleh Kadis Lingkungan Hidup H. Ikhlas,MP berserta jajarannya  di kantornya pada Jumat(22/03) baru-baru tadi di Banjarbaru.

H. Ikhlas mengatakan berkaitan dengan tambang, ijin lingkungan dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten dan DLH Provinsi akan melakukan pembinaan lingkungan. Sedangkan pembuatan ijin pembuangan limbah cair diterbitkan oleh Bupati Sendiri, “jelasnya.

Menurutnya DLH provinsi bisa saja membatalkan ijin pembuangan limbah cair, tetapi tidak bisa menutup tambang karena ada kaitannya dengan bakumutu. DLH provinsi bisa memberikan ijin lingkungan, tetapi juga  bersama-sama mengawasi  dengan pemerintah Kabupaten dengan catatan pihak pemkab memberi solusi. “Tetapi ia mewanti-wanti untuk UKM dan UPL lingkungan tidak akan ada apabila tidak sesuai tata ruang, ”jelas Kadis.

Relddn/aya/hms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://www.hostinger.co.id/tutorial/pengertian-chmod-dan-chown-untuk-ganti-permission-di-linux/#gref http://gedelumbung.com/tutorial-dan-pengertian-chmod-change-mode/