KOMISI 2 DPRD TANBU KUNKER KE BPPDRD BALIKPAPAN

Humas Setwan – Pada Selasa (05/03) baru-baru tadi Komisi II DPRD Kabupaten Tanah Bumbu melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Badan Pengelolaan Pajak Daeran dan Retribusi Daerah (BPPDRD) Pemerintah kota Balikpapan terkait sharing Bagaimana Pemkot Balikpapan dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah(PAD).

Rombongan di terima oleh Muhamad Hakim selaku Kabid Pendataan dan Penetapan dan di dampingi Kabid Penagihan Priyono, serta tampak hadir Kasubid Penagihan dan Pendataan BPPDRD Pemkot.Balikpapan. Adapun Pertemuan tersebut dengan mengambil tempat di ruang rapat Dispenda lantai II kantor BPPDRD Jl. Jendaral Sudirman No 2 RT. 12 Klandasan Ulu kota Balikpapan Kaltim.

HM. Alpiya Rakhman,SE,MM Koordinator Komisi II DPRD Tanbu mengatakan, maksud dari kunker ke BPPDRD Balikpapan ini selain dari bersilaturrahmi , tidak lain ingin mengetahui lebih jauh tentang upaya Pemerintah Kota Balikpapan dalam meningkatkan PADnya. Di pilihnya Pemkot Balikpapan karena dianggap telah berhasil memperoleh PAD dari berbagai sektor, “jelasnya diawal pertemuan.

Dalam kesempatan itu Kabid Pendataan dan Penetapan Muhammad Hakim mengutarakan, bahwa PAD kota Balikpapan sebesar Rp. 710 Milyar yang bersumber dari sektor jasa, di mana pada bagian pendataan dan penetapan sendiri terfokus pada 9 jenis pajak daerah, sebagaimana telah dituangkan dalam Peraturan Daerah (perda) Kota Balikpapan diantaranya pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak sarang burung serta beberapa pajak lainnya, “paparnya kepada rombongan.

Sementara itu , terkait dengan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) pihak BPPDRD bekerjasama dengan Bank BPD dan BRI memakai sistem jemput bola yaitu dengan menggunakan mobil keliling turun ke kelurahan untuk melakukan penagihan .” Untuk pembayaran PBB yang paling tinggi yaitu pertamina dan bandara, “jelas Muhammad Hakim.

Relddn/hms/pnd2

 

 

    

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://www.hostinger.co.id/tutorial/pengertian-chmod-dan-chown-untuk-ganti-permission-di-linux/#gref http://gedelumbung.com/tutorial-dan-pengertian-chmod-change-mode/