KOMISI 2 DPRD TANBU KUNKER KE DPRD PASER

Humas Setwan- Komisi 2 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Bumbu laksanakan kunjungan kerja (KUNKER) ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Paser Grogot terkait Mekanisme penjaringan Pimpinan Perusahaan Daerah(Perusda). Pada tanggal 3 April hingga 6 April 2019 baru-baru tadi di Kalimantan Timur.

Adapun yang menjadi kordinator rombongan komisi 2 DPRD Tanbu tersebut yaitu H.Muh.Alpiya Rakhman,SE,MM juga selaku wakil ketua DPRD Tanbu dan disambut langsung oleh Drs.H.Abdul Rasul,M.Si Kepala Bagian (Kabag) Fasilitasi penganggaran dan pengawasan , Ijma,SE,M.Ap Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Kerjasama dan Aspirasi dan Saberi,S.ST Kasubbag Persidangan Sekretariat DPRD kabupaten Paser .

Sementara itu, materi yang dibawa berkaitan tentang Mekanisme Penjaringan Pimpinan Perusda. Bahwa telah diketahui oleh DPRD Tanbu untuk dasar payung hukum perusda di Kabupaten Paser mempunyai peraturan daerah (Perda) Kabupaten Paser Nomor 15 tahun 2013 tentang pendirian perusda PP Nomor 54 tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Perda kabupaten .

H.Abdul menyampaikan bahwa untuk proses penjaringan pimpinan perusda di Kabupaten paser yaitu komisi 1 DPRD Paser mengundang semua pihak yang memiliki kualifikasi untuk mengikuti seleksi, para calon harus mengisi formulir yang sudah disediakan panitia, Komisi 1 DPRD Paser serta tenaga ahli yang dilibatkan akan melakukan uji kepatutan dan uji kelayakan dan calon dinyatakan tidak terpaut hubungan keluarga dengan Bupati,Wakil Bupati,dan anggota DPRD, yang dinyatakan lulus 1 orang atau lebih akan diberikan rekomendasi oleh Komisi 1 DPRD Paser untuk diajukan kepada bupati, dan bupati yang berhak memilih untuk mengangkat pimpinan perusda dan juga berhak untuk memberhentikannya serta untuk pimpinan perusda hanya bertanggung jawab pada bupati dan wajib memberikan laporan terkait dengan perkembangan dan keuangan perusda,” jelas Kabag Fasilitasi

Namun di setiap daerah masing-masing ada kendala yang dihadapi yaitu perusda tidak pernah untung bahkan rugi dan yang lebih parah lagi ada yang dinyatakan bangkrut.

Relayya/pdmpng/hms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://www.hostinger.co.id/tutorial/pengertian-chmod-dan-chown-untuk-ganti-permission-di-linux/#gref http://gedelumbung.com/tutorial-dan-pengertian-chmod-change-mode/