KUNJUNGAN BANMUS DPRD TANBU KE JAKARTA BICARAKAN RENCANA PENYUSUNAN APBD

Humas Setwan
Badan Musyawarah Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Banmus DPRD) Tanah Bumbu melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke DPRD provinsi DKI Jakarta dalam rangka konsultasi dan koordinasi terkait penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Rombongan Banmus DPRD Tanah Bumbu yang terdiri dari Ketua Pokja Banmus, Syamsisar, S.Pd, MM, dan Wakil Ketua Pokja, M. Haris Fadillah, SE, beserta seluruh anggota tersebut, diterima oleh Kasubag RT, Protokol Sekretariat DPRD provinsi DKI Jakarta, pada Rabu (8/5) di Kantor Sekretariat DPRD DKI Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut dibahas beberapa hal yang terkait dengan penyusunan APBD. Dimana dalam penyusunan APBD harus didasarkan pada perencanaan yang sudah ditetapkan terlebih dahulu, terutama mengenai program dan kegiatan yang akan dilaksanakan.

Bila dilihat dari perspektif waktunya, perencanaan di tingkat pemerintah daerah dibagi menjadi beberapa kategori yakni, Rencana Jangka Panjang Daerah (RPJPD) yang merupakan perencanaan pemerintah daerah untuk periode 20 tahunan.

Selanjutnya Rencana Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang merupakan perencanaan pemerintah daerah untuk periode 5 tahunan serta Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) merupakan perencanaan tahunan daerah.

Dari hasil koordinasi tersebut juga diketahui mengenai proses penyusunan perencanaan di tingkat Satuan Kerja (Satker). Perencanaan tersebut dapat diuraikan dengan menyusun rencana strategis (Renstra-SKPD) yang memuat visi, misi, tujuan, strategi, kebijakan, program dan kegiatan pembangunan yang bersifat indikatif sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

Disamping itu, tidak kalah pentingnya yang harus diperhatikan dalam proses penyusunan RKA SKPD adalah amanat Pasal 89 ayat (3) Permendagri Nomor 13 Tahun 2006, dimana setelah ada Nota Kesepakatan tersebut di atas Tim Anggaran (TAPD) harus menyiapkan surat edaran kepala daerah tentang Pedoman Penyusunan RKA-SKPD yang harus diterbitkan paling lambat awal bulan Agustus tahun anggaran berjalan.

Dengan sejumlah informasi yang didapat tersebut, setidaknya Banmus DPRD Tanah Bumbu sudah memiliki pedoman dalam merumuskan penyusunan APBD Kabupaten Tanah Bumbu untuk tahun anggaran selanjutnya.

Rel/ynr/hms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://www.hostinger.co.id/tutorial/pengertian-chmod-dan-chown-untuk-ganti-permission-di-linux/#gref http://gedelumbung.com/tutorial-dan-pengertian-chmod-change-mode/