BAPEMPERDA DPRD TANBU KUNJUNGI BPHN UNTUK MENGKAJI PEMBUATAN APLIKASI JDIH

Humas SetwanMenyikapi perkembangan zaman, dimana sekarang ini setiap kegiatan pemeritahan dituntut dapat mengikuti kemajuan teknologi yang semakin pesat, untuk itu Badan Pembentukan Peraturan Daerah ( Bapemperda) DPRD Tanah Bumbu melaksanakan koordinasi dan konsultasi ke Badan Pengembangan Hukum Nasional (BPHN) di Jakarta, pada Rabu (8/5).

Kunjungan Bapemperda DPRD Tanah Bumbu tersebut terkait dengan rencana pembuatan aplikasi dan weibsite Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) di Sekretariat DPRD Tanah Bumbu.

Rombongan Bapemperda DPRD Tanah Bumbu dipimpin Wakil Ketua DPRD H. Hasnuddin dan diikuti oleh seluruh anggota Bapemperda, Dinas Informasi dan Komunikasi dan Pejabat Sekretariat DPRD Tanah Bumbu.

Wakil Ketua DPRD Tanah Bumbu, H. Hasanuddin dalam sambutannya pada kegiatan tersebut, menyampaikan gambaran tentang DPRD Kabupaten Tanah Bumbu. Dimana saat ini DPRD Tanah Bumbu sudah melaksanakan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 33 tahun 2012 tentang JDIH.

Dikatakannya, untuk mengaplikasikan amanah PP Nomor 33 tersebut, saat ini DPRD Tanah Bumbu sudah bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika untuk membuat wibsite dan aplikasi jaringan sebagai penunjang kegiatan tersebut.

” Kami dibantu Diskominfo, sudah membuat wibsite resmi DPRD Tanah Bumbu. Namun masih terdapat beberapa kendala terkait teknis pemasangan aplikasi JDIH dan pengelolaannya,” ujar Hasanuddin.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Otomasi Dokumentasi Hukum BPHN, Septyaro Priamdono, memberikan penjelasan secara menyeluruh.

Menurutnya, dalam membangun dan mengelola sebuah server perlu disiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan mumpuni, sehingga pengelolaannya dapat berjalan maksimal.

Disamping itu, seluruh anggota JDIH yang ada di Indonesia harus mengenal dan menguasai aplikasi Indonesian Legal Documentation and Information System (ILDIS), sehingga seluruh anggota JDIH dapat terintegrasi dengan sistem di pusat JDIH Nasional. Aplikasi ILDIS itu sendiri dibuat sesuai dengan standar metadata yang ada di pusat JDIH Nasional.

Diketahui, Rombongan Bapemperda DPRD Tanah Bumbu disambut oleh Kepala Bidang Otomasi Dokumentasi Hukum BPHN, Septyaro Priamdono beserta jajarannya.

Diakhir pertemuan tersebut dilakukan penginstalan aplikasi oleh teknisi JDIH dari BPHN yang diterima oleh teknisi dari Diskominfo Tanah Bumbu, untuk kemudian dioperasikan dengan sebaik-baiknya di DPRD Kabupaten Tanah Bumbu.

                                                                                            RelYnr/hms

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://www.hostinger.co.id/tutorial/pengertian-chmod-dan-chown-untuk-ganti-permission-di-linux/#gref http://gedelumbung.com/tutorial-dan-pengertian-chmod-change-mode/