KOMISI III DPRD TANBU GELAR RAPAT KOORDINASI BAHAS KISRUH PT PCN DENGAN KOPERASI BERKAT SYARIF ALI

Humas SetwanKomisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Rapat Koordinasi dengan PT Prolinda Cipta Nusantara (PCN), Pengurus dan Anggota Koperasi Berkat Syarif Ali, dan Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu yang terkait, pada Selasa (11/6) siang, di Ruang Rapat Komisi III.

Rapat Kerja yang berjalan hampir 2 jam tersebut untuk membahas permasalahan pemutusan hubungan kerja oleh PT PCN terhadap Koperasi Berkat Syarif Ali. Kerjasama dimaksud adalah kegiatan Mooring atau jasa Tambat, shifting, ikat dan lepas tali Tongkang di Jetty PT PCN dan area Tambat PT PCN.

Muhaimin, selaku sekretaris Koperasi Berkat Syarif Ali, menyampaikan kronologis permasalahan, menurutnya, pada Bulan November 2018, pihaknya telah menyampaikan proposal penawaran kerjasama dibidang mooring kepada PT PCN, yang mendapat respon positif dari perusahaan yang bergerak dibidang pelabuhan tersebut. Hasilnya, dibuatlah kontrak perjanjian kerjasama percobaan selama 3 bulan. Dalam kurun waktu 3 bulan tersebut kerjasma berjalan harmonis tanpa ada permasalahan.

“Maka akhirnya kontrak lanjutan kembali dibuat selama 3 bulan, yang terhitung sejak 2 Februari 2019 sampai dengan 2 mei 2019. Dan kontrak tersebut juga berjalan dengan baik dan lancar, “ujarnya.

Akan tetapi, lanjut Muhaimin, pada tanggal 24 April 2019 PT PCN mengirimkan surat kepada pihak Koperasi Berkat Syarif Ali yang isinya berupa pemberitahuan pengakhiran kontrak kerjasama tersebut, terhitung berlakunya pada tanggal 2 Mei 2019.

Menindaklanjuti surat tersebut, menurut Muhaimin, pihak koperasi mengajukan pernyataan sikap melalui surat tertanggal 6 April 2019, yang intinya meminta PT PCN meninjau ulang keputusan tersebut, mengingat dalam kerjasama yang selama ini berjalan tidak ada kesalahan atau hal lainya yang merugikan perusahaan yang dilakukan oleh koperasi.

“Namun surat tersebut, tidak mendapat respon dari pihak perusahaan. Maka akhirnya pada tanggal 29 april kami melakukan pertemuan dengan pihak PT PCN untuk minta kepastian. Hasilnya PT PCN tetap pada pendiriannya mengakhiri hubungan kerja,” tandasnya.

Menanggapi hal itu, perwakilan PT PCN, Ari Fuji Kurniawan membantah pernyataan dari pihak Koperasi. Menurutnya, pengakhiran kerjasama yang dilakukan sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku. Pengakhiran kerjasama didasari oleh berakhirnya jangka waktu kerjasama yang tertuang pada pasal 6 poin 2 pada perjanjian tersebut.

“Kami tidak memutus secara sepihak, akan tetapi memang kerjasama yang terjalin sudah habis pada waktunya, yakni 3 bulan,” ujar Ari Fuji Kurniawan.

Menyikapi argumentasi yang disampaikan oleh kedua belah pihak, Sekretaris Komisi III, Fawahisa Mahabatan, yang saat itu memimpin Rapat tersebut, berpendapat bahwa masalah itu masih bisa diselesaikan secara baik melalui pembicaraan lebih lanjut oleh kedua belah pihak.

“Kami dalam hal ini, hanya mempasilitasi dan menjembatani masalah yang ada, untuk kemudian mencarikan jalan keluar atau solusi yang pantas. Kami mengharapkan adanya keselarasan antara perusahaan dengan masyarakat sekitar perusahaan,” ujar Fawahisa.

Komisi III juga berharap kerjasama tersebut dapat kembali terjalin dengan mengedepankan harmonisasi antara masyarakat dan perusahaan dengan tujuan menjaga stabilitas sosial masyarakat dan keberlangsungan kegiatan perusahaan yang positif. Komisi III juga meminta agar masalah tersebut tidak berlanjut menjadi masalah besar yang akan merugikan kedua belah pihak

Senada Dengan itu, Kepala Disnakertranskop dan UKM Kabupaten Tanah Bumbu, H. Alvian Noor berharap PT PCN dapat kembali memperpanjang kontrak kerjasama dengan Koperasi Berkat Syarif Ali. Hal itu bertujuan untuk mengurangi pengangguran dan mendorong kemajuan perekonomian masyarakat melalui sektor Koperasi.

Kadis Nakertranskop dan UKM Kabupaten Tanah Bumbu juga berpendapat bahwa waktu kerjasama selama 3 bulan yang diberikan oleh PT PCN, merupakan waktu yang singkat untuk sebuah evaluasi. Untuk itu, Ia meminta PT PCN memberikan kebijakannya untuk memperpanjang kontrak kerjasama sebagai upaya membangun hubungan yang harmonis dengan mitranya, yakni koperasi berkat Syarif Ali.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tanah Bumbu, M. Putu Wisnu Wardhana pada pendapatnya mengatakan, sesuai aturan Kementerian, pelabuhan bukan merupakan kewenangannya, akantetapi pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak syahbandar wilayah satui terkait hal itu.

Wisnu juga menambahkan, dalam masalah itu, diharapkan Pihak Perusahaan PT PCN dapat memberikan kejelasan unsur yang mendasari adanya pengakhiran hubungan kerjasama dimaksud.

Dari hasil diskusi tersebut, Pimpinan Rapat mengambil beberapa kesimpulan yang dijadikan sebagai keputusan rapat. Pertama meminta PT PCN untuk mengakomodir kembali kontrak kerjasama dengan Koperasi Berkat Syarif Ali, kedua meminta PT PCN menyampaikan atau melaporkan Kontrak Kerjasama yang ada diperusahaan tersebut kepada Disnakertrankop dan UKM sebagai bahan evaluasi dan ketiga, Komisi III akan melakukan koordinasi dengan Pimpinan tertinggi PT PCN dalam rangka sosialisasi Perda tentang Ketenagakerjaan.

    

Relynr/hms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://www.hostinger.co.id/tutorial/pengertian-chmod-dan-chown-untuk-ganti-permission-di-linux/#gref http://gedelumbung.com/tutorial-dan-pengertian-chmod-change-mode/