DPRD TANBU SAMPAIKAN 4 BUAH RAPERDA INISIATIF MELALUI RAPAT PARIPURNA

Humas Setwan– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Bumbu menyampaikan 4 (empat) Buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Inisiatif DPRD pada Rapat Paripurna yang digelar di Ruang Rapat Utama DPRD Tanah Bumbu, Senin (1/7) siang.

Empat 4 Buah Raperda Inisiatif DPRD yang disampaikan adalah, Raperda tentang Kepemudaan, Raperda Pembinaan dan Pemeliharaan Kesenian Tradisional, Raperda Bantuan Pendamping Pasien Tidak Mampu dan Raperda Pelestarian dan Pengelolaan Situs Cagar Budaya.

Wakil Ketua DPRD Tanah Bumbu H. Muh. Alpiya Rakhman pada pidato penyampaiannya mengatakan, Empat buah Raperda Inisiatif tersebut disampaikan setelah sebelumnya sudah dilakukan uji publik dan pembahasan ditingkat legislatif, untuk kemudian dibahas bersama dengan eksekutif selaku penyelenggara Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu.

Pada kesempatan itu juga Wakil Ketua DPRD menyampaikan penjelasan secara garis besar dan menyeluruh terhadap Empat buah Raperda dimaksud, pertama Raperda Tentang Kepemudaan.
Menurutnya, Raperda itu merupakan upaya bersama dalam mewujudkan generasi penerus yang sehat, generasi yang memiliki karakter yang kuat dan memiliki komitmen kebangsaan yang utuh serta mempunyai kompetensi unggul guna melanjutkan pembangunan di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Raperda ini sebagai jawaban atas masalah dalam mengelola dan mengatur bidang kepemudaan. Kita perlu melakukan penataan dan pembinaan kepemudaan secara menyeluruh, sehingga bidang kepemudaan berpartisipasi aktif dalam mewujudkan pembangunan daerah melalui berbagai kegiatan,” ucapnya.

Selanjutnya, Raperda Inisiatif tentang Pembinaan dan Pemeliharaan Kesenian Tradisional, Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 38 tahun 2007, Pemerintah daerah kabupaten/kota berwenang mengatur tentang perlindungan, pengembangan dan pemanfaatan kesenian. Karya seni yang bersifat positif yang ada ditengah masyarakat, perlu dilakukan perlindungan dan pengembangan serta pemanfaatan secara berkesinambungan, dari generasi kegenerasi sebagai bentuk kekayaan bangsa.

“Maka dipandang perlu dibuat sebuah payung hukum daerah yang akan melindungi dan mengatur tentang pembinaan dan pemeliharaan kesenian tradisional dalam bentuk sebuah peraturan daerah,” Jelas Muh. Alpiya Rakhman.

Kemudian terkait Raperda Inisiatif tentang Bantuan Pendamping Pasien Tidak Mampu, H. Muh Alpiya Rakhman menjelaskan,
Raperda tersebut murni dari keinginan dan aspirasi masyarakat tidak mampu, yang menghendaki adanya bantuan dari pemerintah daerah kepada para pendamping pasien atau dengan kata lain keluarga yang mendampingi pasien saat dirawat inap di rumah sakit. Kondisi tersebut tentu akan membawa konsekuensi terjadinya keadaan yang tidak stabil, sehingga akan berdampak kepada kelangsungan hidup atau pemenuhan kebutuhan hidup keluarga tersebut.

” Untuk itu kita berinisiatif untuk membuat sebuah peraturan daerah yang nantinya dapat mengatur pemberian bantuan terhadap pendamping pasien tersebut, guna meringankan beban yang dipikulnya,” jelasnya.

Dan terakhir Raprda Inisiatif tentang Pelestarian dan Pengelolaan Situs Cagar Budaya. Raperda ini dimaksudkan untuk melindungi cagar budaya yang ada di kabupaten Tanah Bumbu. Sebab, Cagar Budaya merupakan kekayaan daerah yang memiliki peran penting dalam pengembangan sejarah, ilmu pengetahuan dan kebudayaan, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Dalam upaya tersebut, perlu adanya kerjasama antara Pemerintah dan Masyarakat atau keterlibatan semua pihak untuk perlindungan, pengembangan, pengelolaan dan pemanfaatannya,” pungkasnya.

Mengakhiri pidatonya, Wakil Ketua DPRD tidak lupa menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pembahasannya. Ia juga berharap dengan segala upaya, kerja keras serta sinirgisitas yang terbangun mampu mewujudkan cita-cita pembangunan, yakni mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Bumi Bersujud.

Pada kesempatan itu juga digelar penyerahan secara simbolis Empat Buah Raperda Inisiatif DPRD oleh Wakil Ketua

DPRD H. Muh Alpiya Rakhman kepada Sekretaris Daerah H. Rooswandi Salem.

Rapat Paripurna kali ini dipimpin Wakil Ketua DPRD H. Hasanuddin dan dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Unsur Forkopimda, Jajaran Pejabat dilingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, perwakilan Kantor Kemeterian Agama dan Perusda serta Perbankan.

Relynr/hms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://www.hostinger.co.id/tutorial/pengertian-chmod-dan-chown-untuk-ganti-permission-di-linux/#gref http://gedelumbung.com/tutorial-dan-pengertian-chmod-change-mode/