DPRD Tanbu Tetapkan 21 Program Pembentukan Raperda Tahun 2017

TANAH BUMBU – DPRD Kabupaten Tanah Bumbu gelar Rapat Paripurna dalam rangka Penetapan Program Pembentukan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Tahun 2017 di gedung DPRD Kab. Tanah Bumbu, Rabu (1/2).

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD H. Supiansyah. ZA, SE, MH, yang dihadiri Plt. Sekretaris Daerah Ir. Erno Rudi Handoko beserta jajarannya.

Sidang paripurna ini juga dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, diantaranya Wakil Polres, Wakil Danlanal, Kementerian Agama, para Staf Ahli Bupati, Assisten dan Sekretariat Daerah Tanah Bumbu, Direktur Perusahaan Daerah (Perusda).

Sedangkan anggota dewan yang hadir sebanyak 19 oranga, yang tidak hadir dengan keterangan sakit, ijin dan sedang Tugas Luar.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Dewan Mukhlis, SH, MH, M.Hum membacakan Surat Keputusan yang berisi 21 (dua puluh satu) buah Raperda sebagai berikut :

  1. Raperda Penataan dan Pemberdayaan Pedagangn kaki Lima (inisiatif DPRD)
  2. Raperda Bantuan Keuangan pada Partai Politik (inisiatif DPRD)
  3. Raperda Penyelenggaraan Haji
  4. Raperda Pengaturan Makam
  5. Raperda Perlindungan Lahan Pertanian
  6. Raperda Pedoman Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat
  7. Raperda Harga Eceran Tertinggi dan Terendah (HET) Karet dan Sawit
  8. Raperda Pemekaran Desa Barokah, Desa Sinar Bulan, Desa Sungai Danau
  9. Raperda Perubahan atas Peraturan Daerah nomor 30 Tahun 2005 tentang Ijin Mendirikan Bangunan Dinas, Perumahan, Pemukiman (pengajuan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang)
  10. Raperda Penertiban dan Penanggulangan Pekerja Sex Komersial dalam Wilayah Kab. Tanah Bumbu (pengajuan Satpol PP dan Damkar)
  11. Raperda Pertanggung Jawaban APBD 2016 (pengajuan BPKAD)
  12. Raperda APBD Tahun 2017 (pengajuan BPKAD)
  13. Raperda APBD Tahun 2018 (pengajuan BPKAD)
  14. Raperda Perubahan Perda nomor 3 Tahun 2014 tentang Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah
  15. Raperda Perubahan Perda nomor 1 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Umum (pengajuan Dinas Kominfo/Perdagangan dan Peridustrian)
  16. Raperda Parkir di Tanah Bumbu (inisiatif DPRD)
  17. Raperda Penyelenggaraan Pembangunan Perubahan dan Pemukiman (pengajuan Dinas Perumahan Pemukiman dan Pertanahan dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang)
  18. Raperda Penambahan Penyertaan Modal Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu kedalam Modal Perusda Air Minum Bersujud Tahun 2017 (pengajuan Bagian Ekonomi)
  19. Raperda Penambahan Penyertaan Modal Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu kedalam Perseroan terbatas BPD Kalsel Tahun 2017 (pengajuan Bagian Ekonomi)
  20. Raperda Garis Badan Jalan (pengajuan Dinas PU dan Penataan Ruang).
  21. Raperda Sumber Daya Air (pengajuan Dinas PU dan Penataan Ruang)

Semua raperda yang berjumlah 21 tersebut usai dibacakan Sekwan ditawarkan Pimpinan Sidang ke Forum untuk mendapatkan persetujuan.

Ketuk palu 3 kali dari H. Supiansyah sebagai tanda diterimanya ke 21 Raperda dengan baik oleh Forum. Sehingga, penandatanganan Surat Keputusan dilakukan secara bersama antara Plt. Sekda dan Ketua DPRD.

Dalam sambutannya, Bupati Tanah Bumbu yang diwakiliPlt. Sekda Ir. Erno Handoko menyampaikan bahwa Penetapan Program Pembentukan Perda Tahun 2017 merupakan Program bersama antara Pemerintah Daerah dengan DPRD, yang telah dirancang untuk satu tahun kedepan pada daftar rencana Raperda yang akan dikeluarkan.

“Pelaksanaan Penetapan Program Pembentukan Perda dimaksud sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah,”ungkapErno.

Penetapan ini, tambahnya, kami anggap penting dan strategis dalam rangka turut mendukung proses percepatan pembangunan Tanah Bumbu kedepan.

Khususnya, lanjut Handoko, dalam rangka turut mendorong upaya bersama dalam meraih keberhasilan berbagai program perencanaan dan pembangunan daerah.

Diakhir sambutan, Bupati mengharapkan semoga dengan ditetapkannya program ini melalui semangat sinergisitas yang terjalin kokoh bersama dapat mewujudkan keberhasilan pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat bumi bersujud. (Humas Setwan)


 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *