Komisi I DPRD Tanbu dan Kadis Perpustarda Tanbu Konsultasi ke Perpusnas RI

JAKARTA – Komisi I DPRD Kab. Tanah Bumbu dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kab. Tanah Bumbu melaksanakan Konsultasi ke Perpustakaan Nasional RI Jakarta Pusat, Selasa (21/2).

Dengan membawa permasalahan Peningkatan Pelayanan Perpustakaan Keliling dan Sarana Prasarana, terutama Gedung Kantor di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kab. Tanah Bumbu yang masih dalam kondisi Pinjam Pakaisejak Tahun 2007 dan selalu berpindah-pindah sampai sekarang.

Rombongan konsultasi ini dipimpin oleh Koordinatornya H. Hasanuddin, S.Ag, dengan Ketua Komisi IDra. Hj. Darwati dan anggota yang berjumlah 11 orang dan didampingi Sekwan beserta 3 orang stafnya. Turut hadir Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kab. Tanah Bumbu Ir. Mariani, SP.

Konsultasi tersebut diterima langsung oleh Kepala Perpustakaan RI Muhammad Syarif Bando dan Deputi II Deni Kurniadi diruang rapat sekretariat.

Pada kesempatan itu, Kepala Perpustakaan memberikan kata pengantar, didalam Undang – Undang Nomor 47 Tahun 2003 Pasal 22 sampai 27 menjelaskan bahwa jenis-jenis perpustakaan yang harus dikembangkan di pusat dan daerah, antara lain Perpustakaan Umum, Desa, Kecamatan, Kabupaten, Sekolah hingga Perguruan Tinggi, perpustakaan khusus di setiap SKPD, dan Perpustakaan Nasional.

Perpustakaan Nasional, lanjutnya, memiliki program pengadaan buku komunitas yang akan diberikan kepada kelompok masyarakat dimana anggota dewan sebagai wakil didapilnya.

“Ibu nanti bisa melakukan itu, dan Bapak dari kecamatan dan dapil mana pada saat penyerahan dikumpul masyarakat disana beliau sebagai tokoh masyarakat yang berpengaruh memberikan arahan betapa pentingnya berubah dengan buku,” harap Syarif.

Selanjutnya, Kepala Perpustakaan mempersilahkan Koordinator Komisi I untuk memperkenalkan anggotanya beserta pendampingnya, dengan harapan agar Perpustakaan di Kabupaten Tanah Bumbu bisa ditingkatkan lagi.

Wakil Ketua DPRD H. Hasanuddin, S.Ag memaparkan sebagian profile Kab. Tanah Bumbu yang sudah berumur sekitar 13 Tahun. Sebagai bentuk komitmen dan keseriusan Kab. Tanah Bumbu terhadap permohonan ini, ada proposal yang akan dia serahkan kepada Kepala Perpustakaan RI.

Dikesempatan lain, H. Hasan sapaan akrabnya mengijinkan Kadis Perpustakaan Ir. Mariani, SP memberikan pemaparan sebuah ekspos tentang keadaan Gedung Kantor yang dia Pimpin sekarang.

Dia menjelaskan beberapa permasalahan, diantaranya rendahnya minat baca, ketersediaan sarana dan prasarana operasional perpustakaan keliling belum optimal, ketersediaan gedung kantor dan depo arsip yang belum reprsentatif, pengelolaan bahan pustaka dan arsip yang belum optimal, dan masih rendahnya kualitas dan kuantitas SDM perpustakaan dan kearsipan.

Menanggapai hal tersebut, Kepala Perpustakaan memberikan arahan, bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan bisa mengajarkan kepada masyarakat untuk menjadi anggota perpustakaan secara online.

Tentang bagaimana perpustakaan menjadi ramai, Kepala Dinas memiliki otoritas dengan Bupati membuat surat edaran agar menjadwalkan setiap sekolah untuk berkunjung ke Perpustakaan sehari, karena sudah ada pemberitahuan dari Menteri Pedidikan, bahwa setiap orang yang berkunjung keperpustakaan sama dengan belajar.

Muhammad Syarif pun menitipkan perpustakaan kepada Anggota Dewan di Tanah Bumbu, diharapkannya untuk menjadi prioritas dalam rangka menyangkut masa depan Tanah Bumbu yang sangat pundamental.

Ditambahkan Deputi II, bahwa dukungan dari DPRD tentu sangat besar sekali untuk menciptakan berbagai program dari Dinas Perpustakaan. Kadis Perpustakaan Tanbu bisa berkoordinasi dengan Perpustakaan Propinsi untuk mendapatkan bantuan sebagaimana yang diperlukan perpustakaan didesa.

Bantuan buku sebanyak 1500 eksemplar 750 judul pada tahun 2016 sudah digulirkan ke Tanah Bumbu, 4 kecamatan sudah dibentuk sebagai Perpustakaan binaan Kadis Perpustakaan di Tanah Bumbu. Pada kantor DPRD dan Sekretariat Daerah juga harus ada Perpustakaan. (Humas Setwan)


 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *