DPRD Tanbu terima Kunker Komisi A DPRD Kota Palangkaraya

TANAH BUMBU – Kunjungan Kerja Komisi A DPRD Kota Palangkaraya Kalimantan Tengah dalam rangka menggali informasi tentang Pajak Retribusi Daerah dan Bank Perkreditan Rakyat di DPRD Kab. Tanah Bumbu, Jum’at (17/3).

Kunjungan ini diterima oleh H. Hasanuddin, S.Ag selaku Wakil Ketua I DPRD, didampingi Wakil II DPRD H. Muhammad Alpiya Rakhman, SE, MM dan 7 orang anggotanya, serta Sekwan Tanbu Mukhlis, SH, MM, M.Hum.

Terkait dengan tujuan kunjungan kerja tersebut, DPRD Kab. Tanbu menghadirkan Kepala Bagian Perekonomian Setda Tanbu, Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah, dan Kabid Pendataan BPPRD.

Adapun jumlah rombongan DPRD Kota Palangkaraya sebanyak 7 orang diketuai oleh Riduanto dari Fraksi PDI Perjuangan, dan 1 orang dari setwan.

“Kota Palangkaraya dengan luas wilayah 2.478 KHa, 2 Kecamatan, 3 Kecamatan berwajah perkampungan kehidupan desa dan sebagai penyanggah pangan, penduduk sebanyak ± 259.000 jiwa. dengan APBD sebesar 1 triliun 180 milyar,” papar Riduanto.

Kepala Bagian Ekonomi mengatakan, Pada tahun 2007 mengadakan MoU dengan Pemerintah Provinsi dan Bank Kal-Sel untuk mendirikan Bank Perkreditan Rakyat, disepakati Pemkab Tanbu sebesar 50%, Pemprov sebesar 35%, Bank Kal-Sel sebesar 15%, ditindaklanjuti dengan Perda Pemprov nomor 15 tahun 2008 resmi berdiri.

Sementara itu, Kepala BPPRD yang diwakili Sekretarisnya mengatakan, hasil pajak daerah bisa`dikatakan 54 milyar ditangani BPPRD sesuai dengan Undang-Undang 28 tahun 2009 tentang Pajak Retribusi Daerah.

“Terimakasih atas kedatangannya, kami selaku pimpinan mewakili kawan-kawan, kalau ada sambutan kami yang kurang berkenan, maka mohon dimaafkan,” tutup Hasanuddin ketika mengakhiri pertemuan dengan kunker Komisi A DPRD Kota Palangkaraya. (Iyan Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *