Tujuan Dan Sasaran

Tujuan dan Sasaran Jangka Menengah Sekretariat DPRD

Tujuan dan sasran Sekretariat DPRD adalah sebagai berikut :

1. Misi Pertama Melakukan upaya pembinaan sumber daya pegawai guna terlaksananya fasilitas kegiatan DPRD yang baik dan benar

  • Tujuan : Meningkatkan kwalitas SDM pegawai Sekretariat DPRD agar profesional
  • Sasaran : Terlaksananya pendidikan formal & non formal Bagi pegawai sekretariat DPRD

2. Misi Kedua Meningkatkan Kapasitas Kelembagaan DPRD Kabupaten Tanah BumbuTujuan :

  •  Melaksanakan peningkatan kapasitas kelembagaan DPRD Kabupaten Tanah Bumbu.
  • Sasaran : Terlaksananya Tugas dan Fungsi Anggota DPRD secara maksimal

3. Misi Ketiga Melaksanakan penyediaan dan pemeliharaan alat-alat, sarana dan prasarana perkantoran.

  • Tujuan : Menyediakan dan memelihara peralatan, sarana dan prasarana perkantoran
  • Sasaran : Tersedianya dan terpeliharanya peralatan, sarana dan prasarana perkantoran yang memadai

4. Misi Keempat Memfasilitasi pelaksanaan pembahasan produk hukum DPRD dan penjaringan aspirasi masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu.

  • Tujuan : Melaksanakan fasilitasi pembahasan produk hukum DPRD dan penjaringan aspirasi masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu
  • Sasaran : Terwujudnya fasilitasi kegiatan pembahasan produk hukum daerah oleh DPRD dan penjaringan aspirasi masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu.

5. Misi Kelima Memfasilitasi penyelenggaraan administrasi kesekretariatan dan keuangan

  • Tujuan : Melaksanakan fasilitasi penyelenggaraan administrasi kesekretariatan dan keuangan
  • Sasaran : terselenggaranya fasilitasi adminstrasi kesekretariatan dan keuangan.

6. Misi Ke Enam Mempublikasikan dan mensosialisasikan kegiatan DPRD Kabupaten Tanah Bumbu

  • Tujuan : Melaksanakan publikasi dan sosialiasi kegiatan DPRD kabupaten Tanah Bumbu
  • Sasaran : Terpublikasikan segala kegiatan DPRD secara tepat dan benar serta dapat dipertanggung jawabkan

Strategi dan Kebijakan

Visi dan Misi yang telah di rumuskan dan dijelaskan tujuan serta sasarannya perlu dipertegas tentang upaya atau cara untuk mencapai tujuan dan sasaran misi tersebut melalui strategi dan arah kebijakan.

Strategi :

Strategi untuk mewujudkan Misi Pertama ”Melakukan upaya pembinaan sumber daya pegawai guna terlaksananya fasilitas kegiatan DPRD yang baik dan benar” adalah; Meningkatkan wawasan, skill dan profesionalisme pegawai Sekretariat DPRD disetiap bidang tugas.

Kebijakan

Kebijakan untuk mewujudkan Misi Pertama adalah; Mengikuti penyelenggaraan kegiatan pelatihan sesuai bidang tugas menuju standar pelayanan minimal sesuai dengan kemampuan anggaran yang tersedia.

Strategi untuk mewujudkan Misi ke Dua ”Meningkatkan Kapasitas Kelembagaan DPRD Kabupaten Tanah Bumbu” adalah; Melaksanakan fasilitasi pemenuhan akan wawasan dan kesehatan dan kebutuhan lainnya guna mencapai peningkatan kapasitas Kelembagaan DPRD.

Kebijakan

Kebijakan untuk mewujudkan Misi kedua ”Meningkatkan Kapasitas Kelembagaan DPRD Kabupaten Tanah Bumbu” adalah; Mengikuti penyelenggaraan pelatihan terkait pemerintahan dan mengupayakan layanan kesehatan Anggota DPRD Kabupaten Tanah Bumbu menuju kepada standar pelayanan minimal

sesuai kemampuan anggaran yang tersedia. Strategi untuk mewujudkan Misi Ketiga ”Melaksanakan penyediaan dan pemeliharaan alat-alat, sarana dan prasarana perkantoran” adalah; Menginventarisir sarana dan prasarana serta peralatan yang dibutuhkan untuk mendukung kegiatan Anggota DPRD dan Sekretariat DPRD.

Kebijakan

Kebijakan untuk mewujudkan Strategi Misi ke Tiga ”Melaksanakan penyediaan dan pemeliharaan alat-alat, sarana dan prasarana perkantoran” adalah; Pengadaan sarana dan prasarana serta peralatan guna menunjang kegiatan pelaksanaan tugas dan fungsi sehingga pelayanan maksimum dapat tercapai.

Strategi

Strategi untuk mewujudkan Misi ke empat ”Memfasilitasi pelaksanaan pembahasan produk hukum DPRD dan penjaringan aspirasi masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu” adalah; Membuat perencanaan program dan kegiatan tahunan yang bersinergi dan berbasis kinerja serta berorientasi pada kebutuhan yang urgensinya tinggi.

Kebijakan

Kebijakan untuk mewujudkan Misi ke empat ”Memfasilitasi pelaksanaan pembahasan produk hukum DPRD dan penjaringan aspirasi masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu” adalah; Menyeleksi aspirasi dan melakukan koordinasi serta konsultasi dengan pihak terkait agar kebutuhan akan hak masyarakat terakomodir, terlindungi.

Strategi

Strategi untuk mewujudkan Misi ke lima ”Memfasilitasi penyelenggaraan administrasi kesekretariatan dan keuangan” adalah; Menyediakan kebutuhan kesekretariatan agar pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD dapat berjalan maksimal sesuai regulasi yang ada dan memenuhi standar pelayanan minimum pada konteks kedinasan.

Kebijakan

Kebijakan untuk mewujudkan Misi ke lima ”Memfasilitasi penyelenggaraan administrasi kesekretariatan dan keuangan” adalah; Pemenuhan kebutuhan kesekretariatan dengan membentuk sistem, prosedur pelayanan sesuai regulasi yang berlaku guna kelancaran pelaksaan tugas Sekretariat DPRD dan DPRD.

Strategi

Strategi untuk mewujudkan Misi ke enam ”Mempublikasikan dan mensosialisasikan kegiatan DPRD Kabupaten Tanah Bumbu” adalah; Menjalin kerjasama dengan DPRD terkait dengan program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh DPRD agar terekspos ke seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu.

Kebijakan

Kebijakan untuk mewujudkan Misi ke enam ”Mempublikasikan dan mensosialisasikan kegiatan DPRD

Kabupaten Tanah Bumbu” adalah; Melaksanakan peliputan, pemberitaan dan dokumentasi berkaitan kegiatan DPRD Kabupaten Tanah Bumbu dalam hal pelaksanaan tugas dan fungsinya.