Tugas dan Fungsi Sekretariat

Berdasarkan Perda No 14 Tahun 2007 tentang Pembentukan, Kedudukan Tugas Pokok dan Fungsi Susunan Organisasi Sekretariat Daerah dan Sekretariat DPRD Kabupaten Tanah Bumbu, bahwa Sekretariat DPRD mempunyai tugas pokok menyelenggarakan administrasi kesekretariatan, administarsi keuangan, mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD, dan menyediakan serta mengoordinasikan tenaga ahli yang di perlukan oleh DPRD sesuai dengan kemampuan keuangan daerah. Sedangkan dalam hal fungsinya, maka Sekretariat DPRD mempunyai fungsi sebagai berikut:

  1.  Penyelenggaraan administrasi kesekretariatan DPRD
  2. Penyelenggaraan administarsi keuangan DPRD
  3. Penyelenggaraan rapat-rapat DPRD
  4. Penyediaan dan pengkoordinasian tenaga ahli yang diperlukan DPRD

Untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya tersebut sebagaimana di tetapkan dalam Perbup No 25 tahun 2012, bahwa Sekretariat DPRD Kabupaten Tanah Bumbu mempunyai uraian tugas sebagai berikut :

  • Menetapkan kebijakan operasional DPRD berdasarkan kebijakan pimpinan DPRD sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku;
  • Merencanakan, mengkoordinasikan, memantau dan mengendalikan pelaksanaan urusan keuangan;
  • Merencanakan dan menetapkan program kerja Sekretariat DPRD berdasarkan kebijakan operasional;
  • Merencanakan, mengkoordinasikan dan memantau dan mengendalikan pelaksana urusan ketata usahaan dan kepegawaian;
  • Merencanakan, mengkoordinasikan, memantau dan mengendalikan penyiapan fasilitasi persidangan dan rapatrapat anggota DPRD;
  • Merencanakan, mengkoordinasikan, memantau dan mengendalikan pelaksanaan urusan hukum dan perundangundangan serta hubungan masyarakat;
  • Merencanakan, mengkoordinasikan dan memantau serta mengendalikan pengelolaan urusan perlengkapan dan rumah tangga;
  • Mengatur kebersihan dan pengawasan kantor;
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.